Pekerjaan Pemasangan Pondasi dan Sloof

Pondasi ialah alas sebuah rumah yang menjadi salah satu faktor kuatnya suatu bangunan rumah. Kestabilan bangunan rumah minimalis Anda tergantung pada kuatnya pondasi itu terhadap beban-beban di atasnya nanti.

Persiapan Pekerjaan Pondasi

Persiapan Pekerjaan Pondasi

Untuk rumah minimalis yang tidak terlalu besar menggunakan metode pondasi dangkal yang dapat berfungsi untuk bangunan di atas tanah yang keras. Sebaliknya, bila cukup besar dengan jarak antar kolom bisa mencapai 6m, menggunakan metode pondasi dalam yang berfungsi pada bangunan. Terlebih, yang keberadaannya pada atas tanah yang lembek. Bila Anda ingin rumah yang bertingkat sebaiknya gunakan metode dalam ya.

Sebelum pelaksanaan pekerjaan konstruksi rumah terlaksana. Sebaiknya, perhatikan point ini :

  • Lakukan pengecekan kembali ukuran pemasangan Bouwplank dengan desain bangunan terhadap ukuran luas tanah yang ada.
  • Pastikan permukaaan bagian paling atas papan Bouwplank sejajar dengan ketinggian lantai rumah nantinya atau kurang sedikit juga boleh kalau nanti ketebalan keramik yang Anda pilih cukup besar.
  • Menentukan garis batas siku dengan teliti sebagai acuan untuk tahap selanjutnya. Perlu ketelitian yang ekstra apalagi pada bidang yang tidak persegi.
  • Buatlah titik-titik sebagai batas arah pondasi sesuai dengan desain bangunan rumah minimalis Anda dengan cat minyak.
  • Pasanglah paku yang tertancap pada atas papan Bouwplank dengan ukuran paku kurang lebih 5cm.
  • Pemasangannya dengan cara tarik benang dan ikatkan pada paku sesuai dengan titik-titik batas arah pondasi.

Pelaksanaan Pekerjaan Pondasi

Setelah persiapan Pekerjaan Pondasi terlaksana dengan baik, mari kita rincikan tahapan pelaksanaannya.

Galian Tanah dan Urugan Pasir Bawah Pondasi.

Galian Tanah dan Urugan Pasir Bawah Pondasi

Galian tanah menjadi tahap pertama sebelum membuat pondasi. Untuk kuatnya pondasi sebuah rumah yang perencanaannya bertingkat, sebaiknya galian tanah digali dengan kedalaman lebih dari 50 cm dari permukaan tanah. Bila belum mencapai kedalaman asli dari lapisan tanah yang keras, sebaiknya lakukan penggalian kembali secukupnya saja. Untuk lebar, buat secukupnya tergantung kondisi tanah dan desain rancangan.

Langka selanjutnya ialah menebarkan pasir urug sebagai alas pondasi dengan ketebalan kurang lebih 5 s.d 10 cm lalu padatkan dengan menambah bebatuan kosong sampai galian pondasi terpenuhi secara menyeluruh.

Pemasangan Batu Kosong

Pondasi Batu Kosong

Pekerjaan pemasangan batu kali yang pertama tidak menggunakan adukan dari pencampuran semen dan pasir terlebih dahulu, metode ini biasa dengan nama “batu kosong”. Bebatuan ini tersusun agar melindungi pondasi dari gerakan dinamis tanah yang mengakibatkan kerusakan pondasi dan bangunan diatasnya.

  • Siramkan pasir urug dengan air yang berada pada cela-cela batu sampai semuanya benar-benar mengisi celah-celah batu kali.
  • Buatlah ukuran batu kali yang variatif.
  • Buatlah susunan batu kali secara vertical atau berdiri dengan ketemalan tidak lebih dari 20cm (Apabila kedalaman pondasi anda lebih dari 50 cm) lalu kunci dengan bebatuan kecil untuk menghindari pergerakan.
  • Batu kali jangan blondos, harus batu pecah agar bidang sentuh antar permukaan batu belah bisa lebih luas.

Pekerjaan Pondasi Menerus

Pekerjaan Pondasi Menerus

Pondasi Menerus adalah pondassi yang bahan utamanya menggunakan batu kali. Biasa dibangun menerus mengelilingi denah bangunan yang berfungsi mendistribusikan beban dinding dan kolom supaya beban bangunan tersebar merata. Pondasi batu yang populer berguna iyalah batu kali yang cukup banyak dan relatif murah. Metode batu kali pada umumnya berbentuk trapesium dengan ukuran tinggi sesuai dengan desain yang ada.

  • Pondasi harus terletak pada tanah keras, sesuai dengan desain yang sudah Anda sepakati.
  • Perhatikan! dalam tahap ini tidak hanya pondasi saja yang yang menjadi prioritas. Akan tetapi, perhatikan juga pekerjaan seperti penggalian dan pemasangan saluran pipa air masuk dan keluar atau air bersih dan kotor, septic tank dan lainnya.

Pekerjaan pondasi rumah anda harus terlaksana dengan teliti. Pastikan material berasal dari bahan-bahan terbaik dengan ukuran yang tepat dan presisi.

Hindari pemasangan dari kondisi tanah yang tidak konsisten atau tanah keras dan tanah lembek terlalu berdekatan. Pastikan kekerasan tanah yang merata agar terhindar dari patahan.

Pekerjaan Pemasangan Sloof

Pekerjaan Pemasangan Sloof

Pemasangan sloof adalah pekerjaan pengecoran beton bekisting. Sesuaikan tahap pengerjaan ini dengan desain yang sudah terdesain. Perhatikan langkah pemasangan seperti ini :

  1. Pastikan terlebih dahulu patok-patok yang sudah tersetting dengan baik sebelum pemasangan sloof terlaksana.
  2. Setelah yakin proses pematokan tersetting dengan baik, langkah selanjutnya ialah pemasangan papan bekisting yang harus sesuai dengan besarnya sloof yang akan terpasang.
  3. Perakitan besi beton sloof sesuai dengan desain yang sudah disepkati.
  4. Untuk material pengecoran beton sloof sebaiknya aduk menggunakan beton ready mix untuk kualitas dan ketahanan yang baik. Biasanya kebanyakan orang lebih mengetahui harga jayamix.
  5. Pastikan kembali jarak antar pembesian sudah tersetting baik.

Bahan material untuk pekerjaan pemasangan sloof ialah besi beton, semen, pasir beton, split ukuran 2-3 cm dan material bahan bangunan lainnya sesuai kebutuhan. Bila lokasi proyek dekat dengan Batching Plant, sebaiknya prioritaskan menggunakan beton readymix.

Pemadatan Kembali Urugan Tanah

Pemadatan Kembali UruganTanah

Setelah pembuatan pondasi urugan tanah kembali padatkan, langkah tersebut meliputi :

  1. Lakukan perbersihan lahan/tanah dari tanah humus serta lapisan organik terlebih dahulu.
  2. Agar timbunan mudah monolit terhadap tanah dasar, kasarkan permukaan tanah kemudian basahi dengan air secara merata.
  3. Pengambilan bahan timbuanan hasil galian setempat.
  4. Saat proses penimbunan, lakukan secara berlapis-lapis, lapisan pertama dengan ketebalan 20 cm lalu padatkan lapis demi lipis sampai galis elevasi yang sudah terencana.
  5. Pakailah alat seperti stamper/Hand Compector.

Pekerjaan Rollag Pasangan Bata

Bata merah Pekerjaan Rollag Pasangan

Tujuan dari pekerjaan rollag pasangan bata ialah untuk menghindari terjadinya amblas pada ujung lantai. Berfungsi sebagai penyeimbang antara posisi lantai, meskipun tidak sekuat sloof gantung. Terangkai dengan adukan beton yang terbuat dari tumpukan bata.

Harga Beton Cor Ready Mix | Blog | Pekerjaan Pondasi dan Sloof